Mencari...


Advertising

Bagaimana Terjadinya Hujan ?

12:54:00 AM
Apa tanggapan sobat tentang fenomena alam yg satu ini ?
kalau saya, hujan itu adalah anugrah ya, kalo gada hujan, sobat tahu sendiri lah :)
tapi hujan juga bisa jadi musibah jika turun terus menerus!
pernah ga sobat berfikhir, darimana datangnya air yg begitu banyak ya ?
apa di atas ada laut ? haha tentu tidak sob..

Sedikit berbagi, pada artikel kali ini kita akan mengetahui proses terjadinya hujan.
sekaligus saya mempriview plajaran di SMP dlu, biar ga lupa saya coret aja apa yg saya ingat disini! hehe

Hujan adalah proses kondensasi atau pemadatan uap air di atmosfer, lalu uap air itu akan menjadi butiran air yg banyak dan akhirnya jatuh ke atas permukaan bumi.
Dalam prosesnya hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es yang dekat diats permukaan bumi.

Bagaimana Terjadinya Hujan ?
Hujan terjadi akibat dipengaruhi oleh konveksi di atmosfer bumi dan lautan. Konveksi merupakan sebuah proses pemindahan panas oleh gerak massa suatu fluida dari suatu daerah ke daerah yang lainnya. Air yang terdiri dari air laut, air sungai, air limbah dan sebagainya pada umumnya akan mengalami proses penguapan atau evaporsi akibat dari panas sinar matahari.

Uap air yang telah berkumpul kemudian akan mengalami proses pemadatan atau secara ilmiah disebut juga dengan kondensasi, sehingga akan membentuk awan.
Akibat terbawa angin yang bergerak, awan-awan tersebut saling bertemu dan membesar dan kemudian menuju ke atmosfir bumi yang suhunya lebih rendah atau dingin dan akhirnya membentuk butiran es dan air.

Karena terlalu berat dan tidak mampu lagi ditopang angin akhirnya butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi, proses ini disebut juga proses presipitasi. Karena semakin rendah, mengakibatkan suhu semakin naik maka es/salju akan mencair, namun jika suhunya sangat rendah, maka akan turun tetap menjadi salju.

Gimana, sobat sudah faham sekarang Bagaimana Terjadinya Hujan, sudah dijelaskan di atas!
jadi kalo masih ada yg bilang awan itu asap, waduh berarti TKny di DO tuh :p wkwkwk!
Semoga Bermanfaat, jgn lp jejaknya ya!
Bagikan ke:
Artikel Terkait
Tambahkan Komentar

10 komentar:

  1. oh begitu sob, jdi nambah tau nih ane :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. wah SMP dlu IPAny bljr apa sob ? wkwk :>)

      Hapus
  3. wah...jadi nambah ilmu nih, terima kasih gan atas artikel yang bermanfaat ini, hehehe... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama² sob, salam blogger! :>)

      Hapus
  4. kalau hujan saya udah tau,tapi kalau hujan batu itu bisa dijelasin ga gan ? :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas kn sudah di singgung sob,
      butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi, proses ini disebut juga proses presipitasi. Karena semakin rendah, mengakibatkan suhu semakin naik maka es/salju akan mencair, namun jika suhunya sangat rendah, maka akan turun tetap menjadi salju atau butiran es (o)

      Hapus
  5. mantapp .. thanks udah share sob ..
    ditunggu komen dan follback nya ya ..
    makasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama² sob, segera meluncur.. :-d

      Hapus

 
Back to top